Selasa, 13 Desember 2011

KUNCI PEMERINTAHAN YANG BAIK ( Menurut Ajaran KONFUSIUS )

Pandangan Konfusius tentang pemerintahan dan manusia mungkin merupakan elemen terpenting dalam ajarannya.

Dia Percaya bahwa tujuan pemerintahan adalah kesejahteraan rakyat. Cara Yang terbaik untuk memerintah adalah dengan nilai Moral dan contoh kehidupan yang baik dari pemimpinnya, bukan dengan cara negatif dari UNDANG - UNDANG dan PENGHUKUMAN. Calon pemerintahan  yang terbaik adlah mereka yang dibekali dengan kualitas kemanusiaan dan pengetahuan yang mendalam. Untuk alasan ini, dia memperhatikan Perkembangan INDIVIDU.

ajaran Yang berpusat pada sekitar Kesempurnaan manusia, atau kebaikan hati, yang kualitas utamanya adalah sopan santun, toleransi, iman, kerajinan, kebaikan, moderat, keberanian, kesetiaan, Kesalehan ( bakti Anak pada  orang tua ).dan elemen - elemen ini dapat diperoleh hanya melalui PENDIDIKAN  DAN PENGEMBANGAN DIRI, Jadi Yang terpenting adalah PEMBELAJARAN.

Pendidikan, CInta Kebaikan, akan menjadi kebodohan; cinta akan keberanian dapat menjadi kecerobohan,; tanpa pembelajaran, Cinta akan kejujuran dapat mengarah pada mudah di tipu, Cinta akan kebenaran akan mengarah pada kecerobohan; Cinta akan kebijaksanaan akan menjurus pada generalisasi yang dangkal, dan cinta akan kesetiaan dapat menyebabkan orang lain menyakiti orang lain.

kualitas moral sejati lebih penting dibandingkan dengan penampilan luar seseorang.
tetapi kebajikan batiniah harus dibuktikan dengan tingkah laku yang baik. Dia juga percaya bahwa kesopanan yang membentuk manusia. Kesopanan, baik di depan umum atau tidak, mempunyai pengaruh tidak langsung pada karakter seseorang yang akan mendorongnya menuju kebaikan dan mencegahnya melakukan kesalahan. seperti mendengarkan Musik akan membuat pikiran harmoni, perilaku yang baik akan membuat karakter seseorang harmonis.

orang yang ideal adalah orang yang mempunyao kebijaksanaan dan kebajikan.
pentingnya pendidikan, pengajaran tentang prinsip moral, penghormatan pada para cendikiawan dan profesi guru, keyakinan pada peran keluarga dan pentingnya pelayanan masyarakat, memberi pengaruh besar.

Prinsip moral yang tinggi dan tingkah laku yang baik dapat membantu membentuk kesadaran diri dan etika, sehingga menciptakan kedamaian dan struktur sosial yang baik, PEmaksaan Hukum hanyalah membuat manusia mencoba untuk menghindari hukuman tanpa mengembangkan kesadaran.

" APAKAH ANDA PIKIR SEORANG PRIA DAPAT DIKATAKAN MURAH HATI JIKA DIA MEMILIKI HARTA YANG BANYAK DAN TAK TERNILAI HARGANYA TETAPI MENGABAIKAN KESULITAN NEGARANYA ???"

"Cukup Makan, Cukup perlindugan dan Kepercayaan Rakyat adalah hal terpenting dari PEMERINTAHAN "
Sebuah Negara Tidak akan berdiri jika masyarakatnya tidak mempunyai keyakinan dan kepercayaan pada Pemerintahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar