Selasa, 13 Desember 2011

SOSOK PEMIMPIN DARI PANDANGAN


oleh Dedi Harianto Lubis pada 5 Desember 2010 pukul 4:59
 
Untuk mendapatkan sebuah jabatan terkadang bisa didapatkan dengan mudah, namun adakalanya membutuhkan sebuah perjuangan yang butuh pengorbanan sangat besar.

Setiap kita memiliki hak dan peluang untuk menjadi seorang pemimpin, namun sering dari kita yang tidak mengetahui apa itu pemimpin, dengan sebuah jabatan ketua kita sering merasa telah menjadi seorang pemimpin, dan bersikap layagnya seorang penguasa yang otoriter dan bahkan menjadi seorang diktator yang harus di taati. Kemampuan seorang pemimpin sesungguhnya melebihi kemampuan seseorang yang memiliki jabatan ketua, Hal ini sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan yang dimiliki seseorang, ada beberapa teori yang menyatakan bahwa pemimpin itu adalah seorang Pelayan, namun banyak dari pemimpin saat ini justru menginginkan untuk dilayani.

Jika melihat dari peran seorang pemimpin sesungguhnya bukan hanya sebagai pemberi perintah dan pengambil keputusan semata yang bahkan mungkin hanya menguntungkan bagi dirinya dan orang terdekatnya, namun lebih dari itu seorang pemimpin harus mampu mengakomodir kepentingan dari berbagai pihak yang dipimpinnya tanpa harus ketakutan ambisinya akan sirna, namun sungguh sulit jika paradigma para pemimpin hanyalah  untuk berkuasa dan menguasai semata tanpa ada keinginan untuk memberikan dan berkorban.

Jika menarik sebuah kesimpulan dari sebuah teori, bahwa seorang pemimpin adalah kambing hitam, kotak pengaduan, dan sumber sebuah solusi bagi kebutuhan orang - orang disekitarnya, bahkan seorang pemimpin dituntut untuk  mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan orang banyak, bukan mengorbankan kepentingan orang banyak untuk kepentingan pribadinya.

Sudah Selayaknya Seorang pemimpin mampu memahami kondisi sekelilingnya, bukan untuk dipahami oleh sekelilingnya, dan  terkadanng pemimpin itu harus tegas, harus otoriter dan harus demokratis, harus melankolis, namun jangan melakukannya secara bersamaan dan berlebihan.

Sulitnya Mencari sosok pemimpin yang ideal !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar